Dukung UMKM Go International, DKPP Gelar Pelatihan Pengemasan Bentuk Kaleng




MADIUN - Salah satu faktor penting bagi UMKM untuk bisa memasuki pasar internasional adalah kemasan produk yang mendukung.

Karenanya, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Madiun menggelar pelatihan bagi pelaku UMKM untuk pengemasan produk. Khususnya, dengan menggunakan kaleng.

"Tujuannya untuk memberikan pemahaman kepada pelaku usaha terkait hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan ekspor. Salah satunya, kemasan produk," ujar Kabid Ketahanan Pangan DKPP Kota Madiun, Sumini saat ditemui di sela pelatihan, Rabu (8/11).

Pelatihan dilakukan selama 3 hari untuk 3 kelompok yang berbeda. Selain pelatihan, DKPP juga memfasilitasi pengemasan produk UMKM dengan kaleng. Namun, regulasi pemasaran produk seperti izin usaha, sertifikasi industri, sertifikasi halal, dan perizinan lainnya yang terkait wajib sudah terpenuhi.

"Kalau regulasi sudah dipenuhi, silakan melakukan pengemasan di sini. Kami fasilitasi," imbuhnya.

Saat ini, DKPP menyediakan dua unit mesin pres kemasan kaleng. Serta, 2 ribu kaleng berukuran 200 gram. Pelaku UMKM dapat memanfaatkan fasilitas tersebut dengan persyaratan di atas.

Secara teori, menurut Sumini, pengemasan dengan kaleng dapat membuat produk bertahan lebih lama. Bahkan, dua tahun tanpa pengawet tambahan. Namun, hal tersebut dibutuhkan penelitian lebih lanjut, baik secara manual maupun laboratorium. Hal ini pula menjadi salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi oleh pelaku UMKM.

Sementara itu, pengusaha sambel pecel Kota Madiun, Endang Pujiastuti mengaku senang dengan adanya fasiltas pelatihan ini. Dirinya berharap, pengemasan produk dengan kaleng ini bisa semakin membuka peluang UMKM untuk memasuki pasar internasional.

"Semoga bisa segera terlaksana UMKM Kota Madiun go internasional," tandasnya. (Dspp/irs/madiuntoday)