Harga Cabai Rawit Meroket, Wali Kota Siapkan Skema Subsidi




MADIUN - Perkembangan harga cabai rawit di Kota Madiun terus mengalami kenaikan. Saat ini, harga cabai rawit di pasaran mencapai Rp 80 ribu per kilogram.

Untuk mengatasi hal tersebut, Wali Kota Madiun Maidi pun menyiapkan skema subsidi melalui Warung Tekan Inflasi. Salah satunya, seperti tampak di Wartek Merpati, Rabu (8/11). Cabai rawit kemasan 200 gram dijual dengan harga Rp 13 ribu.

"Kenaikan harga cabai ini untuk pemakaian rumah tangga kurang berpengaruh, tapi Kota Madiun pusatnya sambel pecel. Tentu berpengaruh ke pengusaha pecel," ujarnya.

Melalui subsidi yang dijalankan oleh Dinas Perdagangan ini, wali kota berharap bisa membantu masyarakat mengatasi kebutuhan bahan pokok. Khususnya cabai rawit.

Tak hanya subsidi di Wartek, wali kota juga menyediakan subsidi transportasi untuk angkutan pengangkut bahan kebutuhan pokok dari daerah penghasil komoditas ke Kota Madiun.

"Kalau biaya akomodasi sudah teratasi, harga tidak akan melambung tinggi. Maka ini kami antisipasi agar harga di Kota Madiun sama dengan harga di daerah penghasil," jelasnya.

Selain cabai rawit, Wartek juga menyediakan beras, gula pasir, dan minyak goreng. (Ney/irs/madiuntoday)