Jelang Hari Pahlawan, Siswa SDN 01 Nambangan Lor Ziarah Makam Pejuang Di Pemakaman Umum




MADIUN - Para pejuang tanah air yang wafat tidak hanya disemayamkan di taman makam pahlawan (TMP) saja. Ada sebagian di antaranya yang dimakamkan di pemakaman umum.

Untuk menghormati jasa-jasa pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan Indonesia, siswa SDN 01 Nambangan Lor melaksanakan ziarah makam para pahlawan di pemakaman umum. Khususnya, yang berada di wilayah Kelurahan Nambangan Lor.

"Tujuannya agar anak-anak mengenal pahlawan lokal di sekitar mereka," ujar Guru Kelas IV SDN 01 Nambangan Lor, Siswanto saat mengantar para siswa ke Makam Sobrah Moyo, Jalan Sikatan, Kamis (9/11).

Prosesi ziarah kubur dilakukan dalam rangka menyambut Hari Pahlawan tahun 2023. Pada kegiatan itu juga dilaksanakan penancapan bendera merah putih di salah satu makam pahlawan yang belum bertanda khusus. Yakni, di makam R. Yoke Soekarjono yang merupakan anggota tentara RI di zaman penjajahan.

Aksi para siswa inipun mendapatkan apresiasi dari ahli waris R. Yoke Soekarjono, Dwi Warsianti Heniningtyas. "Harapannya, nilai-nilai yang dulu diajarkan oleh bapak bisa diterapkan oleh generasi sekarang. Yakni, menjadi bermanfaat bagi sekitar dan terus berjuang untuk kemajuan Indonesia," tuturnya.

Sementara itu, siswa kelas VI SDN 01 Nambangan Lor, Ahmad Yusuf Maulana Ibrahim mengaku senang bisa mengikuti acara ziarah kubur. Apalagi dirinya baru mengetahui ada makam pahlawan di pemakaman umum.

"Senang bisa ziarah kubur. Semoga bisa menginspirasi untuk meneruskan perjuangan para pahlawan di zaman sekarang," tandasnya. (Rams/irs/madiuntoday)