Rusunawa III Sudah Diserahkan, Pemkot Mulai Seleksi Calon Penghuni, Ditarget Selesai Akhir Tahun Nanti




MADIUN – Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) III telah diserahkan kepada Pemerintah Kota Madiun. Prosesi serah terima Rusunawa di Jalan Hayam Wuruk, Manguharjo itu berlangsung di Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Jawa IV, Surabaya, Kamis (9/11) kemarin. Pengisian rumah susun masyarakat berpenghasilan rendah itu pun akan segera dilakukan.

‘’Masih tahap seleksi, target akhir tahun sudah di isi,’’ kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Madiun, Jemakir, Jumat (10/11).

Jemakir menyebut Rusunawa III memiliki empat lantai dan berkapasitas 56 hunian. Namun, sementara bakal dibuka untuk 46 calon penghuni. Sebab, harus ada kamar yang dikosongkan di tiap lantai. Hal itu sebagai antisipasi ketika muncul masalah. Mulai jaringan listrik, kerusakan saluran air, hingga pemanfaatan untuk ruang darurat. Salah satunya, sebagai tempat pengungsian jika terjadi bencana.

‘’ Untuk emergensi setiap lantai harus ada kamar yang dikosongkan,’’ ungkapnya.

Jemakir menyebut calon penghuni tetap mengutamakan masyarakat berpenghasilan rendah. Pihaknya masih melakukan seleksi. Masyarakat tidak perlu khawatir. Sebab, Pemerintah Kota Madiun sudah mengusulkan untuk pembangunan Rusunawa ke-IV.

‘’Ini masih kita usulkan. Semoga bisa direalisasikan,’’ ujarnya.

Seperti diberitakan Kota Madiun sudah mendapat tiga bantuan Rusunawa dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Rusunawa I dan II berada di Jalan Manis Raya Kelurahan Nambangan Lor, Manguharjo. Sementara Rusunawa ketiga berada di Jalan Hayam Wuruk. (rams/agi/madiuntoday)