Ada 1.729 Titik Lampunisasi Gang Tahun Ini, Pekerjaan Ditarget Selesai Desember Nanti




MADIUN – Program lampunisasi yang digadang Wali Kota Maidi telah berjalan dan bahkan nyaris rampung. Setidaknya, progres pekerjaan sudah mencapai 70 persen lebih di masing-masing kecamatan. Setidaknya, ada 1.729 titik penerangan jalan umum (PJU) di gang lingkungan masyarakat. Ribuan PJU tersebut ditarget sudah menyala pada Desember nanti.

‘’Per 9 November kemarin, progresnya sudah berkisar 77 persen secara keseluruhan,’’ kata Kepala Bidang Perencanaan Infrastruktur, Kewilayahan, Perekonomian dan Sumber Daya Alam, Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapedalitbangda) Kota Madiun, Mas Kahono Pekik Hari Prasetiyo, Senin (13/11).

Pekik merinci untuk wilayah Kecamatan Taman progresnya mencapai 79 persen, Kecamatan Manguharjo 72 persen, dan wilayah Kecamatan Kartoharjo mencapai sudah 80,21 persen. Sementara itu titiknya, di Kecamatan Taman ada sebanyak 366 titik, Kecamatan Manguharjo ada 395 titik, dan Kecamatan Kartoharjo ada sebanyak 968 titik. Totalnya ada sebanyak 1.729 titik.

Saat ini rata-rata pekerjaan sudah dalam tahap instalasi kelistrikan. Seperti yang terlihat di Kelurahan Pangongangan Kecamatan Manguharjo. Petugas tampak dengan melakukan instalasi listrik tiang PJU program lampunisasi tersebut di Gang Lurah Lama.

‘’Untuk di kelurahan kami totalnya ada 49 titik. Untuk pemasangan tiangnya sudah semua. Ini tinggal instalasi kelistrikannya,’’ kata Lurah Pangonganan, Eva Anjarika Rahmawati.

Hal serupa juga terjadi Kelurahan Klegen. Ada sebanyak 98 tiang PJU di Kelurahan Klegen. Dari jumlah tersebut hanya empat yang belum terpasang. Itu lantaran masih adanya koordinasi dengan warga setempat. Sebab, lokasi yang diinginkan warga tidak bisa dilakukan pemasangan. Sementara itu, titik lainnya juga tengah proses instalasi kelistrikan.

‘’Target kami Desember nanti sudah menyala semua. Ini proses terus berjalan,’’ jelas Lurah Klegen, Endro Suwarno. (dspp/agi/madiuntoday)