Nakes dan Tenaga Medis dapat Imunisasi Hepatitis B Gratis




MADIUN - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menjadikan tenaga kesehatan (nakes) dan tenaga medis sebagai prioritas dalam program imunisasi hepatitis B secara gratis.

Hal tersebut berlaku pula di Kota Madiun. Terlihat sejumlah nakes dan tenaga media mendapatkan suntikan pertama imunisasi hepatitis B yang dilakukan di RSUD Sogaten, Jumat (17/11).

Kepala Dinkes PP dan KB Kota Madiun, dr Denik Wuryani mengatakan, dalam pencanangan imunisasi hepatitis B tahap pertama, pihaknya memberikan suntikan vaksin kepada kurang lebih 2.000-an nakes dan tenaga medis yang ada di lingkup Pemkot Madiun.

“Ada beberapa nakes yang sudah dapat, tapi ada juga yang belum. Tahap pertama ini kita punya sekitar 2.000 kurang lebih setengah dari jumlah nakes dan tenaga medis,” ungkapnya.

Lebih lanjut Denik mengatakan, proses pemberian vaksin akan dilakukan secara bertahap sesuai arahan pemerintah pusat. Meskipun di Kota Madiun tak ditemukan kasus penularan, namun dari penelitian nakes yang paling rentan maka diberikan terlebih dahulu.

Berdasarkan data yang ada, prevalensi kasus hepatitis B di Indonesia sebesar 4,7 persen dan proporsi tenaga kesehatan yang memiliki antibodi anti-HBs+ sebesar 36,7 persen.
Maka dari itu, imunisasi hepatitis B akan diprioritaskan kepada 541.243 tenaga kesehatan yang ada di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) serta fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjut (FKRTL) yang akan bergulir hingga Februari 2024.
(Dspp/kus/madiuntoday)