Terus Bertambah, Wali Kota Resmikan Lima Taman RTH




MADIUN - Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Madiun terus bertamah. Setidaknya tahun ini pemkot setempat telah menambah ruang terbuka hijau di lima titik.

Yakni RTH berada di RTH Candi Sewu Jalan Candi Sewu, RTH Bumi Mas Jalan Letkol Suwarno, RTH Gegono Manis Jalan Gegono Manis, RTH Jalak Jalan Jalak, dan RTH Merak Indah Jalan Elang II.

Kelima RTH tersebut diresmikan langsung oleh Wali Kota Maidi, Jumat (17/11). Menurut wali kota, peresmian ini sebagai simbolis penyerahan kepada warga setempat.

“Artinya kalau sudah kita serahkan, bisa dimanfaatkan sepenuhnya oleh masyarakat. Mulai dari menjaga fasilitas, pengelolaannya, sampai pemanfaatannya jadi tanggung jawab warga,” tegasnya.

Lebih lanjut wali kota mengatakan, saat ini RTH di Kota Madiun ada 77 titik dengan luasan total 56 hektar. Untuk diketahui, RTH di Kota Madiun ditarget sudah mencapai 30 persen dari total luasan wilayah setidaknya pada 2030 mendatang. Sedang, saat ini luasan RTH sudah mencapai 20 persen.

Terpisah, Kepala Dinas Perkim, Jemakir mengatakan pembangunan RTH masih akan berlanjut di tahun-tahun mendatang. “Untuk tahun 2024, target membangun lima lagi RTH,” ucapnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, hal itu perlu dilakukan dengan karena RTH tak hanya berfungsi sebagai estetika. Lebih dari itu juga berfungsi sebagai ekologi dan optimalisasi pemanfaatan aset pemkot yang kurang optimal sehingga bisa berfungsi sebagai lokasi kegitan ekonomi, sosial pendidikan.
(Dspp/kus/madiuntoday)