Adu Akademik Lewat Cerdas Cermat, SPENDA Juarai LCC Tingkat Kota




MADIUN - Setelah sebelumnya digelar Lomba Cerdas Cermat (LCC) tingkat kota untuk jenjang sekolah dasar, kini giliran jenjang sekolah menengah pertama (SMP) yang unjuk gigi adu akademik di hadapan para dewan juri.
Ada enam peserta yang maju dalam final LCC kali ini. Sebelumnya mereka sudah menjalani babak penyisihan dan semifinal. “Ada 23 SMP yang ikut LCC, enam peserta yang disini adalah mereka yang sudah lolos di babak sebelumnya,” terang Kabid Kurikulum, Pembinaan Bahasa, dan Sastra Dindik Kota Madiun, Hariyadi, Rabu (22/11).

SMPN 2 Kota Madiun atau yang biasa dikenal dengan SPENDA keluar sebagai juara pertama dengan total nilai sebesar 1.914. Sementara juara kedua dan ketiga diraih SMPN 1 dan SMPN 4 dengan total nilai masing-masing 1.648 dan 1.497.

“LCC ini digelar untuk menentukan pemetaan mutu pendidikan, khususnya bidang akademik. Darisini kita petakan mutu di SD dan SMP. Juga sebagai tolak ukur melihat capaian prestasi akademik dalam bidang pengetahuan,” jelasnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, LCC digelar juga untuk menguji kemampuan akademik sekaligus membangun karakter peserta didik. Setidaknya, kegiatan tersebut diharap dapat melatih jiwa kompetitif bagi peserta didik.

‘’Ini merupakan ajang untuk melatih anak-anak agar memiliki jiwa yang kompetitif sekaligus tentu saja untuk mewadahi prestasi di bidang akademik,” pungkasnya.
(Ney/kus/madiuntoday)