Tinggal Sedikit Lagi, Replika Patung Liberty Segera Lengkapi Kawasan Wisata Jantung Kota Dalam Waktu Dekat Ini




MADIUN – Ikon replika patung Liberty bakal segera mempercantik kawasan Pahlawan Street Center (PSC). Pasalnya, pembangunan sudah nyaris 100 persen. Pembangunan patung Liberty setinggi 16,75 meter itu bakal diresmikan dalam waktu dekat.

‘’Sudah hampir selesai. Saat ini sudah lebih dari 97 persen,’’ kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Madiun, Thariq Megah, Jumat (1/12).

Thariq menyebut semua pekerjaan ditarget selesai Minggu depan. Tanggal tutup kontraknya pada 8 Desember mendatang. Saat ini, lanjutnya, tinggal pekerjaan finishing. Keberadaan patung juga telah dicat. Patung ikon negeri Paman Sam itu juga berwarna hijau seperti aslinya. Sedang bagian bawah berwarna coklat muda.

‘’Kalau progres sudah lebih dari target. Optimis akan selesai tepat waktu,’’ jelasnya.

Replika Patung Liberty dibangun di kawasan Sumber Wangi. Tepatnya di sebelah barat Patung Merlion atau di tepi Jalan Pahlawan. Tak heran, bakal menyempurnakan kawasan PSC. Patung berdiri di atas umpak seluas 16 meter persegi. Ketinggian total mencapai 16,75 meter. Pemkot menyediakan anggaran sekitar Rp 198 juta dari APBD 2023 untuk menyelesaikan pembangunan tersebut.

‘’Selain itu juga ada replika jam Bigben Inggris dan Kincir Angin Belanda. Keduanya juga kita target selesai Desember ini,’’ ungkapnya.

Keberadaan ikon-ikon itu semakin melengkapi wisata world landmarks di Kota Madiun. Sebelumnya, pemkot telah membangun replika ikon dunia serupa. Di antaranya, Patung Merlion, Musala berbentuk Kakbah, Jembatan Eropa, Menara Eiffel Perancis, dan kereta cepat Shinkansen. Dia menerangkan, konsep world landmarks merupakan optimalisasi penataan sektor wisata. Sebab, Kota Madiun tidak kaya sumber daya alam (SDA). Pun, konsep tersebut senyatanya mampu menggaet wisatawan dalam beberapa tahun belakangan. (ws hendro/agi/madiuntoday)