Famous Cafe dan Karaoke Terbakar, Api Berhasil Dipadamkan Kurang dari 1,5 Jam Kemudian




MADIUN – Warga sekitar kawasan Alun-alun Kota Madiun dikagetkan dengan kepulan asap hitam, Rabu (17/1) pagi sekitar pukul 07.00. Asap hitam yang membumbung tinggi itu berasal dari kebakaran yang melanda Famous Cafe dan Karaoke di kompleks Presiden Plaza Jalan Aloon-Aloon Timur. Api berhasil dipadamkan 1,5 jam setelahnya. Api diduga berasal dari konsleting listrik salah satu room tempat hiburan malam tersebut.

Kepala Seksi Operasional, Pencegahan, dan Pemadaman Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kota Madiun, Hariandri Asmoro menyebut petugas mendapatkan laporan sekitar pukul 06.00. Petugas langsung menuju lokasi untuk memadamkan si jago merah. Api pun cepat membesar mengingat ruangan karaoke dipenuhi bahan-bahan mudah terbakar seperti styrofoam yang digunakan untuk peredam suara.

‘’Tindakan awal kami cek lokasi pusat kebakaran dan melakukan penyiraman. Api sudah padam sekitar pukul 07.38,’’ katanya.

Pihaknya setidaknya menurunkan total enam armada baik mobil damkar dan suplai air. Pemadaman juga dibantu petugas Damkar Kabupaten Madiun dan juga BPBD Kota Madiun. Dia menyebut tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Sementara kerugian material ditaksir sampai puluhan juta.

‘’Korban jiwa tidak ada, untuk kerugian material masih akan kita koordinasikan dengan pemilik, dugaan sampai puluhan juta.

Terkait penyebab kebakaran, pihaknya juga tengah berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Namun, dugaan semantara karena konsleting listrik. Hal itu diperkuat dari keterangan petugas keamanan setempat.

‘’Sepertinya karena konsleting listrik. Setelah dicek di salah satu ruangan karaoke, api sudah membesar. Rekan-rekan yang lain langsung menghubungi damkar,’’ kata Ikhsan Nur Sahid, petugas sekuriti Presiden Plaza. (rams/agi/madiuntoday)