Serunya Peringatan Hari Peduli Sampah di Kota Madiun, Wali Kota Salurkan Sembako Hingga Makan Bersama Petugas Penyapu Jalan dan Penarik Gerobak Sampah




MADIUN – Kepedulian Wali Kota Madiun, Dr. Maidi kepada masyarakat kecil tidak perlu diragukan lagi. Perhatian orang nomor satu di Kota Pendekar itu kembali terlihat saat peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di Kota Madiun, Senin (12/2). Usai memimpin apel peringatan di kawasan wisata Sumber Umis timur, wali kota juga menyalurkan bantuan Sembako dan uang satunan kepada petugas penyapu jalan, penarik gerobak sampah, dan beberapa tukang becak.

‘’Pekerjaan mereka ini bukan hina. Tetapi mulai. Makanya hari ini bersamaan peringatan hari sampah, mereka kita bahagiakan,’’ kata wali kota.

Setidaknya ada sebanyak 593 petugas penyapu jalan, penarik gerobak sampah, dan sejumlah tukang becak. Mereka diberikan Sembako dan uang santunan. Sembako yang didapat berisi beras tiga kilogram, satu liter minyak, satu kilogram gula, dan lima mie instan. Selain itu, mereka juga diajak makan bersama. Tak terkecuali Wali Kota Dr. Maidi. Wali kota tak canggung makan nasi kotak bersama para penyapu jalan dan penarik gerobak sampah.

‘’Kalau tidak ada mereka, bagaimana jadinya lingkungan tempat tinggal kita. Mereka itu tidak hina, Justru mereka itu pahlawan lingkungan,’’ terangnya.

Wali kota menyebut petugas sampah dan penyapu jalan berperan penting dalam keberhasilan Kota Madiun. Kota Madiun banyak dikunjungi wisatawan saat ini. Namun, Kota Madiun selalu terjaga kebersihannya. Sementara penarik gerobak sampah juga berperan penting dalam menjaga kebersihan lingkungan permukiman penduduk. Tanpa peran penarik gerobak sampah, lingkungan tempat tinggal juga akan tidak nyaman.

‘’Walaupun kecil sangat menentukan keberhasilan kota. Harus kita apresiasi, harus kita hargai,’’ pungkasnya. (dspp/agi/madiuntoday)