Pemkot Sasar Perbaikan Jalan-Jalan Lingkungan, Ada Puluhan Titik Dalam 4 Paket Pemeliharaan Jalan




MADIUN – Kondisi jalan di Kota Madiun sudah cukup bagus. Setidaknya, 98 persen dari panjang jalan yang ditangani Pemerintah Kota Madiun dalam kondisi mantab. Hanya dua persen atau sekitar sepuluh kilometer total panjang yang dalam kondisi kurang baik. Kendati begitu pemeliharaan jalan terus dilakukan. Seperti tahun lalu, setidaknya ada empat paket pemeliharaan jalan di tahun ini. Dari empat paket tersebut ada sekitar 40 titik ruas jalan.

‘’Untuk titiknya ada di beberapa lokasi. Seperti yang ditinjau bapak Wali Kota di Jalan Doho,’’ kata Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Madiun, Agus Tri Sukamto, Kamis (28/3).

Selain di Jalan Doho, untuk wilayah Kelurahan Winongo di antaranya di Jalan Kalingga dan Jalan mangir. Kemudian ada di wilayah Kelurahan Manisrejo. Yakni, di Jalan Gegono Manis, Anggoro Manis, Ardi Manis, Endah Manis, Surya Manis, Indra Manis, Kerto, Bayu, dan Jalan Tirto. Selain itu juga ada di Kelurahan Klegen di Jalan Pendowo. Di Kelurahan Sukosari ada di sekitar lapak UMKM Jalan Sri Raharjo. Ada juga di Kelurahan Sogaten di Jalan Wengker, Kelurahan Madiun Lor di Jalan Candi Sewu, dan Kelurahan Nambangan Kidul di jalan samping barat Lapak UMKM.

‘’Untuk progresnya bervariasi. Ada yang sudah 30 persen. Tetapi juga ada yang masih proses pengadaan,’’ jelasnya.

Progres tertinggi ada di paket 2 yang mencapai 30 persen. Kemudian paket 4 di 28 persen dan paket 3 di sepuluh persen. Sementara paket 1 masih dalam tahap pengadaan. Agus menyebut pekerjaan saat ini tengah berlangsung. Namun, akan dihentikan memasuki H-7 lebaran hingga H+7 lebaran. Itu sesuai dengan surat edaran dari Dinas Perhubungan.

‘’Biarpun pekerjaan dihentikan sementara, untuk kondisi jalan di Kota Madiun sejatinya dalam kondisi baik. Hampir di semua ruas jalan,’’ ungkapnya sambil menyebut Rp 30 sampai Rp 40 miliar anggaran dalam tiap paket tersebut. (ws hendro/agi/madiuntoday)