H-2 Lebaran, Puluhan Ribu Pemudik Telah Tiba Di Kota Madiun




MADIUN - Gelombang pemudik dari berbagai daerah telah berdatangan di Kota Madiun. Baik yang menggunakan transportasi umum maupun pribadi.

Pemudik yang menggunakan jasa kereta api, misalnya. Sejak masa angkutan Lebaran dibuka pada 31 Maret hingga 8 April 2024 sebanyak 47.728 penumpang telah diberangkatkan dan 87.682 penumpang tiba di stasiun yang terdapat dalam wilayah Daop 7 Madiun.

"Untuk keberangkatan dan kedatangan pada tanggal 8 April 2024 di Daop 7 Madiun tercatat sebanyak 5.481 penumpang naik dan 10.785 penumpang turun," ujar Manager Humas Daop 7 Madiun, Kuswardojo, Senin (8/4).

Sedangkan, total naik turun penumpang di
Stasiun Madiun tercatat, diberangkatkan 15.073 penumpang dan sebanyak 31.229 tiba di Madiun.

Hal serupa juga tampak di Terminal Tipe A Purbaya Madiun. Pengelola terminal memprediksi jumlah penumpang mengalami lonjakan hingga 48 persen pada masa angkutan Lebaran tahun ini.

"Untuk armada kami ada 340 AKAP dan 98 AKDP," tutur Korsatpel Terminal Tipe A Purbaya Madiun, Hendra Ayi Sonica.

Karena itu, pihak pengelola terminal terus berupaya memaksimalkan pelayanan. Sehingga, bisa memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pemudik.

"Mulai ramp check, pemeriksaan kesehatan bagi driver, hingga menyediakan fasilitas kesehatan di terminal sudah kami lakukan. Harapannya, masa angkutan Lebaran tahun ini berjalan lancar," tandasnya. (Ney/irs/madiuntoday)