Arus Balik Jumlah Penumpang di Terminal Purboyo Alami Peningkatan




MADIUN - Arus balik lebaran 2024 di Terminal Purboyo memasuki puncaknya, Minggu (14/4). Ratusan bus antar kota antar provinsi (AKAP) maupun bus antar kota dalam provinsi (AKDP) keluar masuk terminal.

“Penumpang arus balik sampai hari ini kemungkinan sudah mencapai 9000. Kami mencatat pada Jumat (12/4) penumpang sudah mencapai 8ribuan,” terang Korsatpel Terminal Purboyo Madiun, Hendra Ayi Sonica, Minggu (14/4).

Lebih lanjut dirinya mengatakan, jumlah ini mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun sebelumnya. “Tahun sebelumnya jumlah penumpang yang naik dari terminal tercatat tidak sampai setengahnya karena kami masih tahap pembangunan. Saat ini kondisi terminal sudah bagus, banyak penumpang yang naik darisini,” jelasnya.

Hendra mengatakan, pada musim arus balik kali ini, banyak pemudik yang naik dari Terminal Purboyo cenderung menuju ke arah timur. Atau kembali ke Surabaya dan sekitarnya.

“Arus balik cenderung ke timur ke arah Surabaya dan sekitarnya. Pergerakan ini sudah terlihat sejak h+3 khususnya untuk bus AKDP lebih banyak,” ungkapnya.

Pihaknya mengklaim, kondisi terminal cukup kondusif selama arus mudik dan balik di masa libur lebaran tahun 2024 ini. Pasalnya hal itu ditunjang dengan kondisi terminal yang sudah selesai diperbaiki.

Mulai kursi di ruang tunggu penumpang, peron, toilet, ruang P3K, ruang laktasi, hingga lokasi bermain anak. Tidak hanya itu, ramp check kendaraan juga rutin digelar, untuk memastikan kelaikan kendaraan.

“Meskipun ada peningkatan kondisi terminal masih cukup kondusif,” pungkasnya.
(Rams/kus/madiuntoday)