Saatnya Bakar Kalori Pasca Libur Lebaran, 5 Tips Ini Mudah Dilakukan




MADIUN - Saat berpuasa, keinginan untuk berolahraga tak jarang turun karena khawatir tubuh menjadi lemas. Kemudian, disusul momen Lebaran di mana makanan enak melimpah. Sehingga, dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk "balas dendam" dengan mengonsumsi makanan secara berlebih dan menambah timbunan lemak tubuh.

Nah, salah satu cara efektif untuk membakar lemak berlebih dalam tubuh adalah olahraga. Sehingga, tubuh tetap sehat dan bugar.

Berikut tips yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk memulai olahraga pasca Lebaran :

1. Olahraga ringan

Olahraga ringan, seperti jalan kaki di sekitar rumah atau bersepeda, dapat membantu melepaskan hormon baik yang dapat membuat seseorang merasa segar kembali dan menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

2. Jaga tubuh tetap terhidrasi

Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan lebih mudah digerakkan untuk beraktivitas fisik seperti olahraga. Cobalah untuk membiasakan minum 8 gelas air setiap hari secara teratur.

3. Makan makanan bergizi

Mulai kontrol asupan makanan dan prioritaskan konsumsi makanan sehat. Ubah cara memasak makanan, misalnya dari menggoreng menjadi mengukus atau merebus, agar mendapatkan manfaat gizi dari makanan dengan lebih optimal.

4. Kontrol porsi makan

Meski makan makanan bergizi, harus tetap memperhatikan porsi makan. Pastikan untuk makan secara seimbang dan tidak berlebih.

5. Jangan terlalu memaksakan diri

Langsung mengerahkan tenaga habis-habisan segera setelah Idul Fitri akan membuat tubuh menjadi mudah stres dan tertekan. Mulailah olahraga setelah Lebaran secara perlahan sebelum kembali ke rutinitas normal. Apalagi, bagi mereka yang sempat berhenti berolahraga saat berpuasa. (Ws hendro/irs/madiuntoday)