Optimalkan Pengelolaan Lapak, Pemkot Madiun Gandeng PT INKA Gelar Lomba Lapak 2024




MADIUN – Keberadaan Lapak UMKM kelurahan harus terus dioptimalkan. Karenanya, berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kota Madiun melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Salah satunya, melalui lomba lapak 2024 yang digelar Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Kota Madiun. Hadirnya lomba tersebut diharapkan bisa memacu pengelolaan masing-masing paguyuban lapak.

‘’Total ada 30 lapak yang kita evaluasi atau kita nilai. Penilaian sudah kami lakukan sejak Senin (22/4) kemarin,’’ kata Kepala Bidang Perencanaan, Pemerintahan, dan Pembangunan Manusia Bapedalitbangda Kota Madiun, Elita Mardiani, Selasa (23/4).

Elita menambahkan ada beberapa kelurahan yang terdapat dua lapak sekaligus. Dia mencontohkan di Kelurahan Taman yang memiliki Lapak Donopuran kawasan Masjid Besar Taman dan Lapak Ciliwung yang berada di kawasan Lapangan Ciliwung. Tak heran, jumlahnya mencapai 30 lapak UMKM di Kota Madiun. Aspek yang dinilai pun beragam. Di antaranya, indikator sarpras, produk, manajemen dan kerja sama, hingga partisipasi dalam kegiatan pemerintah.

‘’Di dalam indikator itu juga memperhatikan aspek kebersihan dan kerapian. Juga termasuk sanitasi dan makanan sehat higienis,’’ jelasnya.

Elita menyebut kegiatan tersebut merupakan hasil kerja bareng dengan PT INKA melalui program corporate social responsibility (CSR). Yakni, terkait program peningkatan kapasitas lapak UMKM kelurahan. Dewan juri yang dilibatkan pun cukup banyak. yakni, dari unsur LSM, Dinas Kesehatan, Dinas tenaga kerja, dan dari unsur ahli atau akademisi. Elita berharap hadirnya evaluasi tersebut bisa menambah semangat pengelolaan lapak agar semakin berkreasi.

‘’Memang untuk pengelolaan kita kembalikan kepada masyarakat. Jadi setiap lapak itu kan ada paguyubannya. Nah, kita ingin tahu nih bagaimana paguyuban dalam melakukan pengelolaan lapak masing-masing,’’ pungkasnya sembari menyebut hadiah dan pemenang akan diumumkan pada 28 April bersamaan dengan giat pagelaran Wayang Kulit di Balai Kota. (dspp/agi/madiuntoday)