May Day Jadi Momentum Kebersamaan Pekerja, Pengusaha, dan Pemerintah




MADIUN - Peringatan May Day atau Hari Buruh Internasional di Kota Madiun berlangsung harmonis dan tertib. Para perwakilan buruh yang ada di Kota Madiun mengikuti senam bersama para pegawai Dinas Tenaga Kerja Koperasi Usaha Mikro (Disnaker KUKM), Rabu (1/4).

Kepala Dinasker KUKM, R. Andriono Waskito Murti mengatakan, peringatan hari buruh kali tahun ini sebagaimana peringatan tahun sebelumnya. Baik pemerintah, pengusaha, maupun buruh solid.

“Serikat pekerja yang diundang hadir, semua komponen mendukung acara hari ini. Alhamdulillah berjalan lancar,” ujarnya.

Terciptanya kondisi hubungan harmonis ini, lanjutnya, bisa menciptakan kondisi industrial yang dinamis, kondusif dan harmonis, diyakini akan berdampak positif dalam peningkatan penciptaan lapangan pekerjaan, serta peningkatan terhadap iklim Investasi khususnya di Kota Madiun.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, pemkot, lanjutnya, memiliki banyak program utamanya berkaitan dengan peningkatan kualitas pekerja. Diantaranya yakni pelatihan kerja berbasis kompetensi yang sudah digelar beberapa tahun terakhir.

“Kami tidak asal membuka pelatihan.
Kami survei dulu pangsa pasarnya seperti apa. Termasuk lembaga pelatihan kerja yang kami pilih juga yang berkualitas. Kami tidak ingin setelah pelatihan, nganggur lagi," tegasnya.

Andriono berharap, di hari buruh ini Iklim ketenagakerjaan yang harmonis dan kondusif dapat mendorong peningkatan produktivitas kerja serta kesejahteraan pekerja.
(Dspp/kus/madiuntoday)