Lagi, Upaya Penipuan Lewat Aplikasi WA, Kini Catut Nama Asisten Pemkot Madiun




MADIUN – Upaya penipuan dengan modus nama dan foto profil palsu aplikasi WhatsApp (WA) masih saja ada. Setelah beberapa lalu beredar nomor dengan nama dan foto profil Pj Wali Kota Madiun, kali ini mencatut nama dan foto profil Asisten Administrasi Pembangunan dan Umum Pemkot Madiun, Ahsan Sri Hasto. Seperti modus serupa sebelumnya, pelaku mengirimkan pesan singkat secara random kepada sejumlah sasaran. Pesan tersebut didapati mulai beredar, Minggu (5/5).

Pelaku kali ini menggunakan nomor WA 0821 9880 8728. Pelaku menambahkan nama Ahsan Sri Hasto.. lengkap dengan foto profil yang bersangkutan. Tak heran, sasaran yang kurang waspada bisa saja terkelabuhi. Pelaku pun cukup professional. Itu terlihat dari pesan yang dikirim pelaku yang layaknya kepada sahabat. Selain memberi salam dengan menanyakan kabar.

Upaya penipuan tersebut pun dengan cepat sampai ke nomor asli Asisten Administrasi Pembangunan dan Umum Pemkot Madiun, Ahsan Sri Hasto. Asisten langsung memberikan klarifikasi melalui pesan singkat ke sejumlah grup. Hal itu dilakukan agar yang lain waspada. Harapannya, tidak sampai terjadi korban dengan kerugian.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Madiun Noor Aflah menyebut penipuan dengan modus seperti itu memang cukup meresahkan. Bahkan, sudah dua kali kejadian dalam sepekan. Pertama mencatut nama Pj Wali Kota Madiun pada 2 Mei lalu dan kedua mencatut nama Asisten Administrasi Pembangunan dan Umum Pemkot Madiun. Aflah mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa waspada.

‘’Ini sudah sering terjadi. Biasanya kalau tidak ditanggapi, akan hilang dengan sendirinya,’’ ungkapnya.

Sejumlah aksi serupa sudah pernah mengemuka sebelumnya. Mulai mengaku sebagai Sekda Kota Madiun, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), ajudan wali kota, pejabat Kejaksaan dan Kepolisian, serta lain sebagainya. (agi/madiuntoday)