BPBD Kota Madiun Ajarkan Animal Rescue Hingga Mitigasi Gempa ke Siswa MI Islamiyah




MADIUN - Halaman sekolah MI Islamiyah yang berada di Jalan Hayam Wuruk Kota Madiun nampak lebih ramai dari biasanya. Puluhan siswa membentuk lingkaran dan dengan penuh antusias melihat tiap penjelasan yang diberikan oleh petugas.

Tak kalah menariknya, petugas memberikan materi dengan membawa reptil ular dan tokek di tangan. Bahkan, para siswa tak segan untuk mencoba mengelus hingga memegang hewan melata itu.

“Ini kegiatan rutin. Kerjasama dengan sekolah-sekolah terkait mitigasi gempa bumi hingga mengenalkan tentang animal rescue,” terang Bambang Agung Hariadi, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD, Rabu (12/6).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, sosialisasi ini sebagai pengenalan kepada para siswa agar mengetahui bagaimana harus bersikap saat terjadi bencana ataupun saat bertemu ular.

“Makannya kita beri materi terkait mitigasi gempa, cara menyelematkan diri, apa yang harus dihindari. Juga bagaimana memperlakukan hewan melata seperti ular biar tidak mengancam kita,” akunya.

Bambang mengatakan, pihak BPBD membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin bekerja sama untuk mengadakan sosialisasi seperti ini.

“Ini salah satu program kerja kami. Kalau ada sekolah yang ingin silahkan bersurat dan kegiatan tidak dipungut biaya alias gratis,” pungkasnya.
(Ney/kus/madiuntoday)