Ratusan Jukir Diberi Pembinaan Agar Tak Lakukan Pungli




MADIUN - Ratusan juru parkir (parkir) yang terdaftar di Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Madiun diberi pembinaan terkait aturan hingga sosialisasi parkir. Tak hanya itu, pembinaan tersebut sekaligus sebagai tindak preventif agar jukir tak sembarangan lakukan pungutan liar (pungli).

Kepala Dishub, Subakri mengatakan, dinasnya berkomitmen untuk mewujudkan jukir yang taat aturan dan nihil pungli. “Tugas kami mengelola parkir karena belum ada pihak ketiga. Maka, tiap hari ada 7 orang koordinator yang memungut parkir ke jukir di seluruh parkiran yang ada di kota,” terangnya.

Dishub, lanjutnya, terbuka untuk menerima laporan jika adanya pungli yang dilakukan oleh jukir. Lebih lanjut Subakri mengatakan, sesuai arahan Pj Wali Kota, apabila ada laporan akan ditindak oleh tim sapu bersih pungutan liar (saber pungli).

“Perda sudah kita pasang di tiap parkiran tepi jalan umum. Jika tidak sesuai aturan silahkan laporkan,” tegasnya sembari mengatakan saat ini ada 100 kantong parkir yang ada di Kota Madiun.

Terpisah, Kepala Inspektorat sekaligus tim saber pungli Kota Madiun, Gaguk Hariyono mengatakan sosialisasi atau pembinaan bukan digelar karena besarnya kerawanan.

“Tapi justru sekecil apapun tingkat kerawanan harus kita cegah. Parkir sudah mulai membaik, laporan turun jauh. Maka harus kita ingatkan terus supaya tidak kendor,” pungkasnya.
(ws hendro/kus/madiuntoday)