Hobi Merangkai Gundam, Valentinus Vendy Yogananta Sukses Sabet Juara Dunia Gunpla Builders World Cup 2024




MADIUN - Merangkai plastic model kit rupanya bukan sekadar hobi biasa. Dari kegiatan itu, seseorang dapat mengukir prestasi gemilang. Bahkan, menghasilkan cuan.

Hal itulah yang dirasakan oleh Valentinus Vendy Yogananta. Kecintaannya terhadap robot Gundam mengantarkannya meraih juara 2 Gunpla Builders World Cup 2024 kategori Over 21 yang diselenggarakan di Surabaya pada 23 Agustus - 8 September lalu.

"Tentunya tidak menyangka. Apalagi ada 70 peserta di kategori yang sama. Semuanya bagus-bagus," ujar pria kelahiran 1 November 1983 itu saat ditemui, Rabu (11/9).

Dalam mengikuti perlombaan bergengsi tingkat dunia itu, Valen menggunakan kit dari film Gundam terbaru di 2023 yang berjudul The Witch From Mercury. Robot bernama Chuchu's Demi Trainer itu lantas dirombak dan dimodifikasi dengan kit Gundam dari judul lainnya. Hingga terbentuk menjadi desain yang utuh dan menggambarkan Gundam yang kuat dan garang.

Desain robot itu juga dilengkapi dengan diorama yang terbuat dari bahan-bahan bekas, seperti botol skincare dan alas sandal, hingga menjadi satu kesatuan yang saling menguatkan tema The Agony Warfare.

"Inspirasinya dari perang Palestina. Saya buat selama satu tahun. Itupun tidak intens. Ketika terbesit ide, baru saya kerjakan," jelas alumnus Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya itu.

Adapun untuk mengikuti Gunpla Builders World Cup, seluruh peserta wajib menggunakan kit original dari Bandai, Co. Ltd selaku produsen mainan Gundam. Juri lomba juga merupakan perwakilan langsung dari Bandai Jepang.

Bagi Valen, merakit Gundam bukan sekadar hobi. Dari kegiatan itu dirinya juga bisa menambah penghasilan. Baik dari jasa merakit maupun menjual robot Gundam yang sudah jadi. Nilainya pun beragam. Tergantung berapa banyak waktu yang dia habiskan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

"Ini hobi yang asyik. Bisa jadi refreshing. Selain itu juga positif," imbuh anggota AE Gundam Istimewa (Aegis) yang pernah menjadi juara 3 Gunpla Builders World Cup 2023 ini.

Kepada sesama penghobi Gundam yang ingin mengikuti perlombaan, Valen berpesan untuk terus berusaha dan menggali ide-ide kreatif. Jangan pula minder dengan plastic model kit yang digunakan karena Bandai menyediakan kit dengan harga bervariasi. Sehingga, tidak harus mahal.

"Awal mencoba dulu saya juga sempat menyerah karena susah. Lama-lama belajar dari YouTube dan akhirnya keterusan sampai sekarang," tandasnya. (Ney/irs/madiuntoday)