Antisipasi Kerawanan Konflik, Polres Madiun Kota Siapkan Walpri Untuk Paslon




MADIUN - Kontestan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 di Kota Madiun telah ditetapkan. Pun, masing-masing pasangan calon telah mengambil nomor urut dan siap melaksanakan kampanye.

Sebagai upaya mengantisipasi kerawanan konflik, Polres Madiun Kota menyiapkan pengawal pribadi (walpri) untuk memastikan keamanan dan keselamatan masing-masing calon.

‘’Kami sudah siap berdasarkan setiap tahapan yang berjalan. Dalam hal ini mengamankan jalannya pilkada di wilayah Kota Madiun,’’ ujar Kapolres Madiun Kota AKBP Agus Dwi Suryanto usai apel pengamanan pelaksanaan pengundian nomor urut pasangan calon (paslon) Pilwalkot di Mapolres Madiun Kota, Senin (23/9).

Adapun personel walpri yang disiapkan sebanyak 16 orang. Rinciannya, 2 personel untuk ketua KPU Kota Madiun, 2 personel untuk ketua Bawaslu, serta 2 personel untuk setiap calon wali kota, dan 2 personel untuk masing-masing calon wakil wali kota.

Masing-masing walpri merupakan anggota khusus yang telah menjalani berbagai tes kesehatan, mental, ideologi, psikologi serta memiliki kemampuan proteksi VIP.

‘’Kami jamin keamanannya. Kita perlu bekerja sama dengan masing-masing paslon, parpol (partai politik) dan pendukung untuk menjaga pilkada berjalan lancar, aman, dan kondusif,’’ imbuhnya.

Kapolres pun berharap seluruh pihak dapat ikut serta menjaga kondusivitas kota. Sehingga, potensi kerawanan konflik tidak terjadi. Apalagi, sampai berdampak negatif terhadap masyarakat.

Lebih lanjut, kapolres kembali menegaskan bahwa pihaknya tetap menjunjung tinggi netralitas Polri selama berjalannya Pilkada. Pun berharap masyarakat, khususnya yang memiliki hak pilih untuk menyalurkan suara mereka dalam pemungutan suara kelak.

‘’Harapannya kepada masyarakat yang punya hak pilih ikuti pesta demokrasi dengan baik. Gunakan suara karena setiap satu suara sangat berharga,’’ pungkasnya. (Ws hendro/irs/madiuntoday)