Tahapan Kampanye Dimulai Besok, Ketiga Paslon Pilkada Madiun Sepakati Deklarasi Kampanye Damai




MADIUN – Tahapan demi tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Madiun sudah dan akan terlewati. Setelah pengundian nomor urut, kegiatan berlanjut deklarasi kampanye damai pemilihan wali kota dan wakil wali kota 2024. Kegiatan yang digelar KPU Kota Madiun tersebut berpusat di titik nol kilometer, Selasa (24/9) sore dengan dimulai kirab dari kantor KPU Kota Madiun. Deklarai damai tersebut penting sebelum memasuki tahapan kampanye yang akan dimulai, Rabu (25/9) besok.

‘’25 September sudah dimulai masa kampanye, kegiatan ini bukanlah sekedar seremonial belaka. Namun, komitmen dari seluruh kandidat untuk menjaga dan bertanggung jawab dalam berkampanye secara etis dan demokratis,’’ kata Ketua KPU Kota Madiun, Pita Anjarsari.

Pita menambahkan deklarasi kampanye damai tersebut juga dimaksudkan untuk mengurangi potensi konflik antar pendukung dan simpatisan yang mulai menunjukkan nuansa memanas. Karenanya, dalam deklarasi kampanye damai tersebut juga disebutkan untuk melaksanakan kampanye dengan damai, aman, tertib, dan sesuai perundungan yang berlaku.

‘’Kami juga mengajak masyarakat untuk berperan serta, khususnya kepada tokoh masyarakat, tokoh organisasi untuk juga berkomitmen secara bersama mendukung berjalannya kampanye yang damai, aman, tertib, dan lancar sampai nanti pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara 27 November nanti,’’ harapnya.

Selain itu, Pita juga mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga wilayah masing-masing agar tetap aman, nyaman, dan kondusif. Tahapan kampanye merupakan salah satu tahapan penting dalam pesta demokrasi. Namun, juga berpotensi terjadinya konflik sosial. Karenanya, Pita juga berpesan kepada ketiga paslon untuk dapat melaksanakan kampanye secara tertib, aman, dan bertanggung jawab.

‘’(mulai) Besok silahkan untuk melaksanakan kampanye secara tertib, aman, dan bertanggung jawab,’’ pungkasnya. (dspp/agi/madiuntoday)