Cuaca Panas dari Pagi Sampai Pagi Lagi? Ternyata Ini Penyebabnya




MADIUN - Ternyata, hawa panas yang akhir-akhir ini kita rasakan bukan cuma halusinasi kita aja lho. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda mengatakan cuaca panas di Jawa Timur masih akan berlangsung selama Oktober 2024.

Kondisi cuaca panas ekstrem ini disebabkan oleh tutupan awan yang minim dan pergerakan semu matahari yang berada di atas wilayah Jawa Timur pada 10-14 Oktober 2024. Nah, kondisi inilah yang membuat cuaca lebih terasa panas, apalagi di siang hari.

Kondisi ini juga merupakan dampak dari mulai berkurangnya pembentukan awan dan berkurangnya curah hujan. Cuaca panas yang terjadi saat ini juga merupakan hal yang umum terjadi pada periode peralihan musim hujan ke musim kemarau.

Fenomena alam seperti El Nino dan La Nina juga kemungkinan menjadi penyebab kenapa cuaca panas sekali akhir-akhir ini. BMKG memperkirakan, suhu panas di Jawa Timur akan berangsur menurun pada bulan selanjutnya, yakni November 2024.

Selain itu, BMKG juga mengatakan musim hujan di Indonesia diperkirakan bervariasi antar wilayah. Wilayah barat Sumatera, termasuk daerah seperti Aceh dan Padang, diprediksi akan memasuki musim hujan lebih awal, mulai dari Agustus 2024.

Secara bertahap, musim hujan akan menyebar ke wilayah timur, mencakup pulau-pulau seperti Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. Proses transisi ini diharapkan berlangsung hingga Desember 2024.

Meski begitu, masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap bencana hidrometeorologi seperti hujan lebat dan angin kencang yang mungkin terjadi selama masa peralihan ini.
(rams/kus/madiuntoday)