Kemenhub Bakal Ubah Rute Kereta Bandara Adi Soemarmo Dari Klaten Ke Madiun




MADIUN - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana mengubah rute operasional Kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo. Jika rencana tersebut berhasil dilaksanakan, maka akses warga Kota Madiun ke bandara di Jawa Tengah itu bakal semakin mudah.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau pembangunan rel layang Simpang Joglo pada Minggu (13/10).

Menurutnya, rute KA Bandara Adi Soemarmo yang saat dari Stasiun Klaten dengan tujuan Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, dan sebaliknya, akan dipindah dari Madiun menuju Bandara Adi Soemarmo, pulang-pergi (PP).

“Saya dapat dari teman-teman kepala DAOP Jawa Tengah, bahwa kereta bandara yang tadinya dari Klaten, kita akan pindah dari Klaten ke Madiun,” tuturnya sebagaimana dilansir dari Kompas.com.

Alasan perubahan rute KA Bandara Adi Soemarmo, kata Menhub Budi, adalah karena populasi di Madiun yang lebih banyak.

“Kalau dari Klaten, mereka bisa ke Yogyakarta (naik KRL dan oper KA Bandara YIA),” imbuhnya.

Terkait kapan perubahan rute KA Bandara Adi Soemarmo diberlakukan, Menhub belum memberikan jawaban secara pasti. Namun, dirinya mengungkapkan bahwa perubahan itu akan dilakukan secepatnya.

“Karena ada proses perizinan terlebih dahulu. Mungkin 1 Desember 2024,” tuturnya.

Jika rute KA Bandara dari Madiun, masyarakat Klaten yang hendak ke Bandara Adi Soemarmo bisa naik KRL ke Solo, kemudian oper KA Bandara Adi Soemarmo. (railink/irs/madiuntoday)