Posyandu ILP Diterapkan, Layani Masyarakat Berbagai Usia




MADIUN - Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) program pemerintah yang bertujuan untuk mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat kini telah berjalan di Kota Pendekar.

Hal ini seperti tampak pada kegiatan Posyandu Markisa 1 Kelurahan Mojorejo, Kecamatan Taman, Senin (14/10). Tak seperti bulan sebelumnya, kali ini Posyandu Markisa 1 tidak hanya melayani masyarakat kelompok umur bayi dan balita saja. Melainkan, semua usia. Termasuk, remaja, anak usia pra dan sekolah, usia produktif, hingga lansia.

Sebagaimana diketahui Posyandu ILP merupakan bagian dari transformasi bidang kesehatan yang digagas oleh Kementerian Kesehatan.
Pada era ILP, pelayanan yang diberikan posyandu lebih kompleks. Untuk bayi dan balita dilakukan penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, lingkar kepala, dan lingkar lengan.

Sedangkan untuk dewasa dan lantai dilakukan pemeriksaan serupa. Ditambah pemeriksaan lingkar perut, tekanan darah, cek gula darah, kolesterol, asam urat, konseling kesehatan, dan penyuluhan kesehatan.
Adapun sejumlah manfaat dari Posyandu ILP, di antaranya:
- Masyarakat dapat lebih mudah mengakses layanan kesehatan yang komprehensif dan terintegrasi.

- Posyandu ILP menjadi upaya preventif menjaga kesehatan warga.

- Meningkatkan cakupan dan keterjangkauan pelayanan kesehatan primer.

- Mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

-Memperkuat pemantauan wilayah setempat.

- Memudahkan pengambilan kebijakan untuk meningkatkan kualitas bidang kesehatan.

(ws hendro/irs/madiuntoday)