Tarif Bus AKAP-AKDP di Terminal Purboyo Alami Kenaikan




MADIUN - Naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) berimbas pada naiknya tarif angkutan bus yang ada di Terminal Tipe A Purboyo Kota Madiun. 


Kenaikan terjadi pada tarif angkutan kota antar provinsi (AKAP) dan angkutan kota dalam provinsi (AKDP). Terhitung sejak tanggal 3 September lalu, kenaikan tarif yang terjadi berkisar 20-30 persen. 


“Kenaikan tarif angkutan ini kan sepertinya sudah terjadi kesepakatan antar PO, ya kita selalu pantau. Kenaikan tarif ini hampir sama antar PO,” jelas Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Purboyo Madiun, Suyatno. 


Lebih lanjut dirinya mengatakan, kenaikan tarif mulai diterapkan masing-masing perusahaan otobus (PO), sehari pasca pemerintah mengumumkan kenaikan harga BBM.


Meskipun terjadi kenaikan tarif angkutan, namun jumlah penumpang yang berangkat maupun turun dari dan ke Terminal Tipe A Purboyo Madiun terpantau normal. 


Tercatat, tiap harinya penumpang ada dikisaran 4.500-an dengan armada masuk maupun keluar sekitar 600 unit. Sedangkan di hari libur (weekend) jumlah penumpang sekitar 6.000an orang.

(Nanda/kus/madiuntoday)