Selesai Lebih Cepat, Kawasan Sumber Umis Siap Jadi Ikon Religi Kota



MADIUN – Proyek penataan kawasan Sumber Umis diperkirakan selesai lebih cepat. Hal ini diketahui dari progres pembangunan obyek wisata religi di tengah kota itu yang mengalami surplus dari target rencana.


‘’Progres realisasi 95 persen dari target rencana 88 persen. Artinya, surplus sekitar 7 persen,’’ ujar Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Madiun Sulistya Pambudi, Jumat (30/9).


Saat ini, bangunan replika Ka’Bah dengan ornamen tambahan berupa dua membran konvertibel atau payung raksasa seperti di Masjid Nabawi, serta replika Maqam Ibrahim sudah tampak jelas di area Sumber Umis. Bangunan inipun nantinya digadang-gadang menjadi ikon wisata religi di Kota Pendekar.


Tidak hanya replika pusat ibadah umat muslim, DPUPR juga telah mengerjakan area trotoar dan pemasangan keramik di bagian luar dan dalam kawasan Sumber Umis. 14 tiang lampu juga tampak menghiasi sekitar pelataran Ka’bah.


‘’Tinggal tahap finishing. Prediksi kami bisa selesai lebih cepat dari target yang tertuang dalam kontrak,’’ imbuhnya.


Sesuai surat perintah mulai kerja (SPMK), pekerjaan kawasan Sumber Umis berlangsung 7 April sampai 4 Oktober. Atau 180 hari kalender. Pengembangan objek wisata religi itu menyedot Rp 3,6 miliar dari APBD 2022. ‘’Pekerjaan surplus karena memang kami lakukan percepatan,’’ tandasnya. (DSPP/irs/madiuntoday)