Jadi Perwakilan Jatim, Xia Dragon and Lion Dance Madiun Siap Unjuk Gigi di Kejurnas FOBI 2022




MADIUN – Tim barongsai asal Kota Madiun, Xia Dragon and Lion Dance, akan mewakili Provinsi Jawa Timur dalam kejuaraan nasional Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) yang berlangsung di Yogyakarta, 5-9 Oktober mendatang.


Tim Xia Dragon and Lion Dance didapuk menjadi perwakilan Jatim setelah sebelumnya berhasil menjadi juara dalam seleksi atlet tingkat provinsi pada 24-25 September lalu.


‘’Di tingkat provinsi kami ikut enam kategori. Dua di antaranya juara 1,’’ tutur Agustiawan, Pemilik sekaligus Pembina Xia Dragon and Lion Dance Madiun saat ditemui di rumahnya, Jumat (30/9).


Akong, sapaan akrab Agustiawan, menjelaskan bahwa dua kategori yang berhasil mereka raih dalam seleksi provinsi adalah Halang Rintang dan Hua You. Dua kategori itu pula yang akan mereka ikuti dalam kejurnas di Yogyakarta nanti.


Sedangkan, tiga medali lainnya yang berhasil diraih adalah juara 2 kategori Kecepatan, juara 2 kategori Ketangkasan Shang Tui, dan juara 3 Barongsai Tradisional.


Dalam menghadapi kejuaraan pekan depan, Akong terus mendorong anak didiknya untuk rajin berlatih dan berolahraga. Terutama, lari untuk melatih pernapasan agar lebih panjang. Selain itu, juga meningkatkan stamina dan kekuatan fisik.


Pria yang hobi bermain barongsai sejak 1999 itupun berharap, anak didiknya bisa pulang dengan meraih gelar juara. ‘’Target kami dapat emas,’’ tandasnya. (DSPP/irs/madiuntoday)