Siapkan Anggaran Rp 8,6 Miliar, Wali Kota Beri Subsidi Ke Pedagang Pasar




MADIUN - Upaya penekanan inflasi masih gencar dilakukan oleh Wali Kota Madiun Maidi. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah dengan memberikan subsidi langsung bagi pedagang pasar. 


"Subsidi diberikan agar harga bahan kebutuhan pokok lebih terjangkau bagi masyarakat," tuturnya saat ditemui sedang memantau Pasar Besar Madiun, Sabtu (1/10). 


Adapun delapan komoditas yang mendapatkan subsidi yaitu beras medium, gula pasir, minyak goreng kemasan, telur ayam ras, cabai, bawang merah, bawang putih, dan daging ayam. 


Besaran subsidi yang diberikan pun beragam. Antara Rp 2 ribu - 15 ribu per kilogram. Total anggaran yang digelontorkan mencapai R0 8,6 miliar. 


"Tidak hanya pedagang di Pasar Besar Madiun. Tapi juga pasar lainnya seperti Sleko. Juga, gerai yang lokasinya jauh dari pasar," jelasnya. 


Untuk mengantisipasi pelanggaran, petugas Dinas Perdagangan juga memasang tanda harga beserta besaran subsidi di depan stan penjualan. Sehingga, harga yang disampaikan kepada pembeli sesuai dengan yang tertera pada papan. 


"Kalau sampai ada pelanggaran, saya sanksi pedagang tidak boleh berjualan selama sebulan," tegasnya. 


Melalui upaya ini, wali kota berharap masyarakat bisa mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau. Serta, pedagang tidak dirugikan. 


"Ini saya pantau setiap hari. Harapannya, inflasi kita tidak naik. Apalagi sampai lebih dari lima digit," tandasnya. (Nanda/irs/madiuntoday)