Serunya Peringatan Hari Batik TK ABA, Sarat Pembelajaran Karakter dan P5 Kurikulum Merdeka



MADIUN – Peringatan Hari Batik Nasional di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 3 Kelurahan Mojorejo berlangsung seru lagi menarik, Senin (3/10). Anak-anak usia dini tersebut tidak hanya dikenalkan batik. Tetapi juga disajikan banyak kegiatan terkait pembuatan batik yang tentu saja sarat akan pembelajaran. 


‘’Hari ini kita melaksanakan peringatan Hari Batik Nasional. Anak-anak tidak hanya kita kenalkan terkait batik tetapi juga kita sesuaikan dengan kurikulum Merdeka Belajar yakni P5,’’ kata Kepala TK ABA 3 Wahyu Dian Sukowati. 


P5 merupakan singkatan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Karenanya, Dian menambahkan kegiatan sudah sejak minggu kemarin. Yakni, dimulai pengenalan batik, melihat proses pembuatan batik, dan puncaknya yakni membuat batik itu sendiri. Peserta didik juga mengenakan baju dan aksesoris batik. Pun, terdapat peragaan busana. Dian berharap batik tersebut bisa semakin melekat kuat dalam benak anak-anak. 


‘’Tidak hanya mengenalkan batik kepada anak-anak, tetapi anak-anak bisa belajar banyak karakter dalam kegiatan terkait batik ini,’’ ungkapnya.


Dian mencontohkan kegiatan pengenalan batik beberapa waktu sebelumnya. Peserta didik diminta membuat titik atau noktah tertentu di atas tisu. Biarpun sekedar membuat titik, anak-anak dapat belajara sabar dan fokus. Selain itu, membantik juga mengasah kreatifitas. Selain itu, lanjutanya, juga ada pembelajaran Ketuhanan Yang Maha Esa yakni saat kegiatan diawali dengan berdoa, mandiri, dan bernalar kritis. 


‘’Anak-anak usia dini ini kan pondasi ya. Karenanya, kita kenalkan dan tanamkan sedari dini. Harapan kami barpun ada pergeseran budaya ke depan, anak-anak tetap cinta batik,’’ jelasnya. 


Sebanyak 170 peserta didik tersebut mengikuti kegiatan dengan antusias. Mulai dari fashion show dan juga membantik. Teknik membantik yang dikenalkan juga beragam. Mulai batik canting, menggunakan tumbuhan atau teknik ecoprint, dan juga teknik jumputan. (luqman/agi/madiuntoday)