Hobi Pelihara Reptil, Anggie Hilda: Mudah Rawat Ular Piton Daripada Ayam




MADIUN - Bak mini zoo. Penampakan di rumah Anggie Hilda Wihandono seperti kebun binatan mini, bedanya hewan yang dipelihara hanyalah reptil. Tidak berbisa, namun cukup membuat bergidik orang-orang yang tak biasa melihatnya. 


Bagaimana tidak, di rumahnya ada total delapan ekor hewan reptil. Mulai dari iguana, biawak, tarantula, hingga tiga ekor piton ukuran besar dan kecil. 


“Lebih mudah pelihara ular piton daripada harus pelihara ayam. Karena kalau piton makannya paling cepat 2 minggu sekali,” ujar pria yang berprofesi sebagai salah satu animal rescuer di BPBD Kota Madiun itu. 


Kecintaannya terhadap hewan reptil bermula sejak tahun 2010. Awalnya memang dia senang terhadap semua jenis hewan, lambat laun setelah tahu tentang hewan reptil dan cara merawatnya lebih mudah, dirinya semakin kepincut dengan hewan yang memiliki nama ilmiah reptiles ini. 


“Karena saya juga sebagai animal rescuer, hobi saya ini secara tidak langsung juga menunjang pekerjaan saya dalam menangani laporan darurat, tahu jenis hewan apa dan harus ditangani seperti apa,” ungkapnya. 


Lebih lanjut Anggie mengatakan, dengan cepat melakukan identifikasi terhadap laporan rescue hewan itu, dirinya juga bisa dengan sigap menangani laporan-laporan yang masuk terkait evakuasi hewan. Tak kurang selama kurun waktu Januari hingga Oktober 2022, dirinya bersama tim BPBD telah mengevakuasi 32 ular berbagai jenis. 


“Hobi reptil ini selain suka ya karena juga bikin capek di kerjaan hilang. Buat refreshing. Pesan saya kepada para pecinta reptil, sayangi hewanmu seperti kamu menyayangi diri sendiri. Dirawat dengan baik dan diperhatikan dengan benar selama memelihara,” pungkasnya. 

(Dspp/kus/madiuntoday)