Tak Sekadar Menerangi, PJU Juga Tambah Estetika Kota




MADIUN - Dalam melaksanakan pembangunan, Pemkot Madiun tidak sekadar mempertimbangkan fungsi. Tapi juga keindahan kota. Tak terkecuali, dalam pemilihan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU). 


Kepala Bidang Sarana, Prasarana Utilitas Umum, Pertamanan, PJU, dan Pemakaman Disperkim Kota Madiun Andi Anto menuturkan, PJU mendukung estetika kota.


Hal ini seperti tampak pada PJU di Jalan H.A Salim dan Kolonel Marhadi. "Sebelumnya sudah dibangun pedestrian yang bagus. Maka, diganti PJU dengan lampu-lampu yang estetik. Tanpa mengurangi fungsi PJU itu sendiri," tuturnya, Kamis (6/10). 


Tahun ini, lanjut Andi, Disperkim menganggarkan Rp 1,5 miliar untuk perawatan PJU. Tidak hanya untuk lampu-lampu yang estetik. Tapi juga PJU lainnya secara umum. 


"Untuk spesifikasinya standar PJU. Kami gunakan LED yang lebih hemat energi," jelasnya. 


Menurut Andi, tahun ini ada penambahan PJU di sepanjang Jalan Cokroaminoto, H.A. Salim, Kolonel Marhadi, dan Dr. Soetomo. Totalnya sekitar 100 PJU. 


"Prosesnya sudah berjalan lima bulan. Ini juga mendukung program wali kota Madiun Sejuta Lampu," tandasnya. (Nanda/irs/madiuntoday)