Tingkatkan Toleransi Beragama, Wali Kota Ajak FKUB Kunjungi Komplek Peribadatan Puja Mandala



BADUNG – Toleransi beragama di Kota Madiun sudah cukup bagus. Namun, wajib terus ditingkatkan. Salah satunya, mengunjungi daerah dengan sikap toleransi beragama yang tinggi. Pemerintah Kota Madiun mengajak Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) untuk berkunjung ke Badung, Bali guna meningkatkan toleransi beragama tersebut. 


Salah satu tempat yang dikunjungi yakni, komplek tempat peribadatan Puja Mandala. Di komplek Puja Mandala tersebut terdapat tempat ibadah bagi umat Islam, Budha, Kristen Katolik, Kristen Protestan, dan Hindu. Biarpun dalam satu kawasan, masyarakat tetap saling menghargai. Hal itu juga harus terus ditingkatkan di Kota Madiun. 


‘’Walau berbeda tetapi kebersamaan tetap harus terjaga. Karenanya, hari ini bersama FKUB kita ajak ke Badung, Bali. Di sini ada satu kawasan dengan beragam tempat ibadah,’’ kata Wali Kota Madiun, Maidi, Jumat (7/10).


Setidaknya ada lima tempat ibadah yang berdiri megah di sana. Yakni, Masjid Agung Ibnu Batutah, Gereja Katolik Maria Bunda Segala Bangsa, Vihara Budhina Guna, Gereja Kristen Protestan Bukit Doa, dan Pura Jagatnatha. Kelimanya dibangun berdampingan. Pun, tempat parkirnya jadi satu. Wali kota berharap keberadaan tempat peribadatan tersebut menjadi penyemangat untuk semakin meningkatkan toleransi antar umat beragama. 


‘’Yang seperti ini nanti juga ada di Kota Madiun. Kita buatkan lima tempat ibadah dalam satu kawasan tetapi tidak sebesar ini. Biarpun begitu juga bisa digunakan untuk beribadah,’’ jelasnya. 


Wali kota belum merencanakan nama kawasan tempat beribadah itu. Namun, sudah mengemuka wacana untuk menamai kawasan itu sebagai tempat wisata Bhineka Tunggal Ika. Hal itu sejalan dengan Warung NKRI di kawasan Pahlawan Bisnis Center. Artinya, di Kota Madiun tidak hanya memiliki toleransi antar umat beragama yang tinggi. Tetapi juga mengedepankan NKRI harga mati. 


‘’Dimanapun kerukunan modal penting. Kalau masyarakat rukun keamanan akan terwujud. Kerukunan dan keamanan ini yang harus selalu kita jaga,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/diskominfo)