Antisipasi Pohon Tumbang, Disperkim Pangkas Dahan dan Ranting Pohon



MADIUN - Sebagian besar wilayah di Indonesia sudah memasuki musim penghujan, tak terkecuali Kota Madiun. Tak jarang hujan datang disertai angin kencang. 


Maka dari itu, sebagai langkah untuk mengantisipasi pohon tumbang dan insiden membahayakan keselamatan lainnya, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) melakukan pemangkasan dahan dan ranting pohon di sepanjang jalan protokol yang ramai lalu lalang kendaraan. 


“Sudah kami mulai sejak tiga pekan lalu. Selain untuk perapian, penerangan juga lebih maksimal,” ungkap Kabid Sarana, Prasarana Utilitas Umum, Pertamanan, PJU, dan Pemakaman Disperkim Kota Madiun Andi Anto, Kamis (13/10). 


Berkaca lewat kasus di sejumlah daerah, banyak pohon besar tumbang akibat angin kencang saat hujan. Tak hanya itu, meskipun ranting dan dahan kecil jika jatuh menimpa pengendara juga akan berbahaya maka dari itu perapian dahan perlu dilakukan. 


“Perapian dilakukan di sejumlah jalan protokol, di antranya dr Soetomo, Cokroaminoto, Agus Salim, Panglima Soedirman, Kolonel Marhadi, dan Trunojoyo,” ucapnya. 


Tak hanya itu, pihaknya juga bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk mempercepat pemangkasan dahan dan ranting pohon. 


“Dua tim kita terjunkan. Total ada 12 petugas,” sembari mengatakan beberapa ruas jalan lanjutan yang akan dilakukan perapian seperti pintu masuk Kota Madiun sisi utara dan selatan. 

(Nanda/kus/madiuntoday)