Aplikasikan Ilmu dari Pelatihan, Susy Kurniasari Sukses Produksi Brownies dari Bekatul



MADIUN - Sebagian orang hanya tahu bahwa bekatul merupakan bahan makanan untuk ayam atau bebek. Namun, di tangan warga Jalan Jati Jajar, Kelurahan Taman, Kota Madiun, bekatul bisa diolah menjadi kue brownies yang lezat yang bisa menghasilkan cuan.


Namanya Susy Kurniasari, dirinya mendapatkan ide untuk membuat brownies dari bekatul seusai mengikuti pelatihan pembuatan makanan olahan dari bekatul yang digagas oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Madiun. 


“Kebanyakan orang mikir kita pakai bekatul yang dipakai untuk pakan ayam dan bebek. Padahal beda. Yang kita pakai bekatul khusus yang proses pembuatannya memang diperuntukkan untuk dikonsumsi manusia,” terangnya. 


Tak hanya brownies yang dibuatnya dengan bahan dasar bekatul. Ada juga pizza, bread, hingga cupcake. Respon masyarakat dengan produk unik buatannya pun sangat positif, terbukti produknya mejeng di beberapa swalayan hingga sampai ke Korea. 


“Khusus untuk brownies bekatul ini saya buat kalau ada pesanan saja. Harganya cukup terjangkau meskipun bahan bakunya (bekatul,red) cukup mahal,” akunya. 


Untuk cita rasa, Susy mengatakan brownies bekatul buatannya lebih berserat dan memiliki rasa pahit yang khas seperti kopi yang bisa membuat rasa brownise buatannya unik. 


“Saya pingin brownies bekatul ini tidak dipandang sebelah mata. Ini (bekatul, red) aman dan bisa dikonsumsi manusia,” tutupnya.

(Dspp/kus/diskominfo)