Kembangkan Potensi, Ribuan Siswa Ikuti Gelar Kreativitas




MADIUN - Komitmen Pemkot Madiun untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul terus dibuktikan. Terbaru, pemkot setempat menggelar acara bertajuk Gelar Kreativitas Siswa.


Kegiatan yang melibatkan 3.850 siswa, mulai dari jenjang PAUD, SD, dan SMP itu sebagai salah satu implementasi kurikulum merdeka belajar. 


“Artinya anak punya kemampuan apa kita keluarkan. Supaya mereka tidak hanya pandai di sekolah, tapi juga di luar itu mereka bisa unggul,” ungkap wali kota saat diwawancara seusai acara, Selasa (18/10). 


Ribuan siswa itu diberi wadah untuk unjuk gigi, menampilkan kreasi yang dimiliki. Mulai dari tarian, menyanyi, hingga drumband. Penampilan pun dibagi dalam tiga sesi. Yakni untuk penampilan siswa PAUD pukul 07.00-14.00. SD pukul 14.00-17.00, dan SMP pukul 17.00-21.00.


“Potensinya apa kita tampilkan. Kalau diwadahi tampil, mereka akan berusaha memberikan yang terbaik. Akan jadi agenda tahunan, dalam satu tahun paling tidak kita ada agenda untuk menampilkan kreativitas siswa,” terang wali kota.


Tak hanya menampilkan kreativitas siswa, dalam acara tersebut para siswa juga diperkenalkan dengan berbagai permainan tradisional. Hal itu sebagai upaya melestarikan permainan tradisional agar tak terkikis zaman. 


Sementara itu, salah seorang peserta gelar kreativitas siswa, Bhisma Tyo Darmawan siswa kelas lima SDN Banjarejo, mengaku senang dengan adanya kegiatan ini. Dirinya mengaku bangga bisa tampil dihadapan wali kota dan bisa menyaksikan beragam penampilan dari teman-temannya. 


“Saya senang. Bisa tampil dan juga bisa merasakan permainan tradisional. Semoga dengan ini bisa memacu saya untuk bisa mengembangkan potensi yang saya miliki,” tutupnya. 

(Dspp/kus/madiuntoday)