Peringati Bulan Bahasa Dan Sastra, Smala Gelar Pemilihan Duta Literasi Sekolah




MADIUN - Membuat sinopsis cerita rupanya bukan hal yang mudah. Dibutuhkan ketelitian dalam membaca cerita yang akan diresume. Sehingga, sinopsis yang disajikan dapat memuat inti dari sebagian besar cerita. 


Hal ini seperti diungkapkan oleh Hanny Nimas Ananda, salah satu peserta Lomba Menulis Sinopsis Cerpen di SMAN 5 Madiun. 


"Kalau tidak teliti, nanti tidak tahu alur ceritanya," tuturnya. 


Dalam lomba tersebut, Hanny mengambil bacaan berupa cerpen tentang nenek yang menceritakan kenangan masa kecilnya kepada cucu-cucunya. Cerita itu dipilihnya karena menarik. 


Dalam mengikuti lomba, Hanny pun berupaya memberikan hasil yang terbaik. Sebab, pemenang lomba ini akan diangkat menjadi duta literasi sekolah. 


"Kegiatan ini juga sebagai upaya agar anak-anak lebih semangat berliterasi," ujar Ketua Pelaksana Lomba Literasi Sekolah, Sri Maeni. 


Lebih lanjut, Sri menjelaskan bahwa lomba literasi ini dilaksanakan dalam memperingati bulan bahasa dan sastra. Dengan kegiatan ini harapannya bisa menumbuhkan keinginan anak dalam berliterasi. Khususnya, membaca dan menulis. 


"Karena membaca dapat menambah wawasan mereka tentang berbagai hal," imbuhnya. 


Adapun sejumlah poin menjadi kriteria penilaian. Di antaranya, keutuhan cerita, pemilihan kata dan kalimat, EYD, serta tata cara penulisan sinopsis. (WS Hendro/irs/madiuntoday)