Fasilitasi Alat Bantu Layak Bagi Disabilitas, Pemkot Madiun Berikan Empat Kursi Roda Baru untuk Warga



MADIUN - Raut sumringah dari wajah Ashar Ali tak bisa dibendung. Laki-laki berusia 20 tahun itu akhirnya memiliki kursi roda baru yang didapatnya dari Pemkot Madiun. 


“Terima kasih atas bantuannya. Kursi roda yang lama sudah kesempitan kalau dipakai. Bantuan ini sangat bermanfaat,” ungkapnya seusai menerima bantuan, Jumat (21/10). 


Tak hanya Ashar Ali. Salah seorang penerima bantuan lainnya, Sumartini warga Jalan Singosari, Kelurahan Patihan juga tak kalah senang. Pasalnya kursi roda yang digunakannya sudah terbilang lama dan tak layak pakai. Alas duduk terbuat dari kayu, hingga penyangga sudah lapuk. 


“Ini (kursi roda baru, red) lebih nyaman,” aku Sumartini.


Ashar Ali dan Sumartini merupakan dua dari empat penerima bantuan kursi roda dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Pemberdayaan Anak (Dinsos PP dan PA) Kota Madiun yang disalurkan pada hari ini. 


Penyaluran alat bantu bagi penyandang disabilitas itu dilakukan melalui program rehabilitasi sosial kepada penyandang tuna daksa. 


“Tujuannya untuk meringankan beban warga kita yang istimewa ini sehingga mereka bisa beraktivitas meskipun dengan keterbatasan yang ada,” terang Sekretaris Dinsos PP dan PA Kota Madiun Lestari Nurhandayani. 


Di tahun ini, Dinsos PP dan PA telah menyalurkan berbagai alat bantu kepada para penyandang disabilitas. Rinciannya, ada delapan alat bantu yang disalurkan. Dua kaki palsu dan enam kursi roda. 


“Prinsipnya kami membantu yang membutuhkan. Semisal mereka ada kecacatan tapi tidak mampu ya kita bantu sesuai yang mereka perlu. Silahkan mengusulkan ke RT lalu kami akan melakukan survey lanjutan,” jelasnya. 

(Dspp/kus/madiuntoday)