Pengerukan Sedimen Kembali Dilakukan, Antisipasi Curah Hujan Tinggi ke Depan




MADIUN – Pengerukan sedimen sungai kembali dilakukan. Petugas kembali melakukan pengerukan di sungai Jalan Setia Budi, Jumat (21/10). Pengerukan ini merupakan lanjutan pekerjaan serupa tahun lalu. 


‘’Kalau tahun kemarin di sebelah masjid Brimob mengarah ke hilir. Yang ini melanjutkan, dimulai dari depan Koramil mengarah ke hulunya,’’ kata Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air dan Drainase Dinas PUTR Kota Madiun Suyanto.


Sedimen di sungai tersebut itu memang cukup tebal. Belum lagi tambahan tanaman liar dan juga sampah. Akibatnya, lebar sungai menjadi lebih kecil. Pengerukan dilakukan agar aliran lebih lancar. Pengerukan bakal memerlukan waktu hingga beberapa hari. 


‘’Intensitas hujan mulai tinggi, kita lakukan pengerukan agar aliran lancar saat debit tinggi. Bahkan, pernah sampai mendekati bibir sungai,’’ jelasnya. 


Suyanto berpesan kepada masyarakat untuk turut menjaga kebersihan. Khususnya kebersihan sungai. Sungai dan saluran, lanjutnya, bukan tempat sampah. Pihaknya, cukup sering menemukan sampak di sungai. Sampah memang turut terbuang saat pengerukan. Tetapi mirisnya selalu ada sampah lagi setiap kali pengerukan dilakukan. 


‘’Sampah juga bisa mempercepat penumpukan sedimen. Tanah yang ikut terbawa arus akhirnya mengendap karena aliran terhambat sampah,’’ jelasnya. pungkasnya. (dhevit/agi/madiuntoday)