Kreatif Manfaatkan Limbah, Kelurahan Nambangan Lor Gelar Lomba Kostum Carnival Daur Ulang




MADIUN - Meriah, tua muda tampak berkumpul di Jalan Merpati. Tepatnya di depan Kelurahan Nambangan Lor, Kota Madiun. Mereka menanti penampilan model yang menggunakan kostum daur ulang. 


Mulai dari kostum yang berbahan dasar plastik bekas bungkus minuman, koran bekas, bubble wrap, hingga kardus-kardus bekas semua disulap menjadi kostum yang menarik perhatian.


Hal itu merupakan gambaran suasana dari lomba kostum carnival daur ulang yang dilakukan oleh kelurahan setempat. Berdasarkan penuturan Lurah Nambangan Lor, Oktariansyah kegiatan itu sebagai upaya agar para anggota karang taruna lebih terampil. 


“Selain sebagai bentuk memeriahkan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga untuk melatih karang taruna agar lebih terampil dalam berorganisasi, mampu menerima kritik dan saran lewat acara ini,” jelasnya, Minggu (23/10). 


Lebih lanjut dirinya menjelaskan, total ada sekitar 24 peserta putra dan putri yang merupakan perwakilan dari tiap RW yang ada di kelurahan tersebut. 


“Tema daur ulang dipilih sebagai bentuk kepedulian kita terhadap keberlangsungan lingkungan hidup. Bagaimana sampah tidak berakhir hanya di tempat sampah, tapi menjadi suatu hal yang berguna,” terangnya.


Melalui kegiatan ini, Okta berharap agar muda mudi di kelurahan yang dipimpinnya, khususnya karang taruna lebih berdaya dan juga lebih peduli terhadap lingkungan sekitar. 


Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi yang turut hadir dalam kegiatan itu mengapresiasi giat yang dilakukan masyarakat. Menurutnya, kreativitas dan kebersamaan antar warga merupakan wujud pembangunan kota yang sebenarnya. 


“Terima kasih berkat kekompakan dan kebersaaman yang baik bisa terlaksana dengan baik acara ini. Saya harap kegiatan yang seperti ini tidak hanya sekali ini, tapi bisa menjadi agenda rutin,” pungkasnya. 

(Dspp/kus/diskominfo)