Cetak Kartu BPJS Kesehatan Kini Bisa Dilakukan Sendiri, Begini Caranya




MADIUN - Tak perlu bingung jika kartu BPJS Kesehatan yang dimiliki rusak atau hilang. Sekarang, kita bisa mencetak kartu BPJS Kesehatan secara online dan caranya sudah sangat mudah.


Salah satunya bisa dicetak ulang melalui fitur yang tersedia di aplikasi Mobile JKN. Tak hanya itu, prosesnya juga bisa dilakukan lewat hp, sehingga kita tidak perlu datang ke kantor cabang untuk mencetak kartu. 


Mobile JKN adalah aplikasi milik BPJS Kesehatan untuk mempermudah akses bagi para peserta JKN-KIS. Pada aplikasi tersebut, para peserta bisa mendapat informasi penting seputar BPJS. Seperti cek kepesertaan, bayar iuran, cek faskes, hingga permintaan cetak ulang kartu keanggotaan.


Kartu BPJS Kesehatan yang akan dicetak ulang nantinya bisa di print di mana saja. Bahkan bisa memakai printer di rumah atau lewat jasa fotokopi di tempat percetakan.


Lalu, bagaimana cara cetak kartu BPJS sendiri ya? Berikut caranya. Pastikan kita sudah unduh Mobile JKN ke hp. Aplikasi tersebut tersedia di Google Play Store dan App Store.


Apabila berhasil diunduh, selanjutnya yaitu tahap registrasi supaya bisa login. Lalu tinggal mengikuti instruksi yang terlampir di menu Daftar Akun sampai selesai.


Setelah berhasil registrasi, sekarang buka aplikasi Mobile JKN di hp. Login menggunakan NIK KTP dan password yang sebelumnya telah didaftarkan. Isi kode captcha sesuai yang diminta. Klik menu Kartu Peserta. Pilih kartu peserta BPJS Kesehatan yang ingin dicetak ulang. 


Selanjutnya, Klik menu Kirim Email. Kartu BPJS Kesehatan yang ingin dicetak, akan dikirimkan ke alamat email terdaftar. Selanjutnya buka kotak masuk email dari BPJS Kesehatan

Lalu unduh dokumen yang terlampir dari BPJS Kesehatan.


Sampai di sini, kalian bisa langsung cetak kartu peserta BPJS Kesehatan ke jasa fotokopi atau di-print sendiri. Itulah cara cetak kartu BPJS Kesehatan online dengan mudah melalui aplikasi Mobile JKN yang bisa dicoba.

(Dspp/kus/madiuntoday)