Antisipasi Musim Penghujan, BPBD Bersih-Bersih Kali Piring




MADIUN – Meski sering dibersihkan, namun kondisi di permukaan Kali Piring kerap kali dipenuhi sampah. Salah satunya berasal dari tanaman liar yang tumbuh cepat hingga menutupi permukaan sungai. Karenanya, pembersihan terus dilakukan secara berkala. Terutama, pada musim penghujan.


Jumat (28/10), petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama personel Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Madiun melaksanakan bersih-bersih sungai di wilayah Kelurahan Pilangbango itu. 


‘’Total ada 40 personel BPBD dan 10 personel Dinas PUPR yang dikerahkan,’’ ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Madiun Jariyanto saat ditemui di sela kegiatan bersih-bersih Kali Piring.


Kegiatan ini, menurut Jariyanto, sebagai upaya mengantisipasi datangnya musim penghujan. Dengan aliran sungai yang dilancarkan, diharapkan air tidak meluber ke permukaan saat curah hujan tinggi.


Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) DPUPR Suyanto menambahkan bahwa pihaknya menerjunkan satu ekskavator dan dua dumb truck dalam proses pembersihan Kali Piring ini.


‘’Kami targetkan hari ini semuanya selesai,’’ tandasnya. (DSPP/irs/madiuntoday)