Fasilitasi Pecinta Catur, Pemkot Bangun Taman Catur




MADIUN - Pemkot Madiun melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Madiun, membangun fasilitas umum yang diperuntukan bagi masyarakat, yakni membangun Taman Catur. 


Taman tersebut berada di Jalan Abdurahman Saleh. Berdiri dengan bangunan dua lantai dan dibangun dengan tujuan untuk memfasilitasi masyarakat yang hobi bermain catur.


“Ini menindaklanjuti usulan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Madiun. Apalagi peminat catur juga banyak,” terang 

Kepala Bidang (Kabid) Sarana, Prasarana Utilitas Umum, Pertamanan, PJU, dan Pemakaman Disperkim Kota Madiun, Andi Anto, Jumat (4/11). 


Lebih lanjut dirinya mengatakan, konsep yang diusung merupakan arena bermain catur. Ada dua lantai, bawah dan atas keduanya bisa difungsikan. 


Nantinya di lokasi tersebut, akan disediakan 15 meja catur. Tak hanya itu, seluruh sarana prasarana disiapkan oleh Disperkim. Termasuk lampu penerangan sehingga dapat dimanfaatkan warga saat malam hari.


Pembangunan taman catur itu sudah dimulai sejak pertengahan Oktober dan sesuai kontrak dikerjakan dalam waktu 60 hari kalender. Anggaran yang digelontorkan untuk pembangunan sebesar Rp199,4 juta dari perubahan anggaran keuangan (PAK) tahun 2022. 


“Itu sudah termasuk membangun kontainer kecil untuk pedagang yang selama ini menempati lapak semi permanen di sekitar lokasi,” ungkapnya. 


Andi mengatakan akhir tahun pembangunan Taman Catur tuntas. Jika bangunan sudah berdiri, tinggal proses finishing berupa pengecatan dan penataan meja catur. 

(Rams/kus/madiuntoday)