Rusunawa Dilalap Si Jago Merah, Petugas Cekatan Padamkan Api Kebakaran




MADIUN – Suasana pagi yang tenang di Rusunawa Kota Madiun, Jalan Manis Raya, seketika berubah mencekam. Kobaran api tampak menjilat-jilat dari arah depan rusunawa. Warga pun berhamburan keluar ruangan untuk menyelamatkan diri.


Mengetahui hal itu, petugas penjaga rusunawa langsung mengambil tindakan. Mereka mengeluarkan alat pemadam api ringan (APAR). Namun, semburan bubuk pemadam api itu rupanya tak cukup menjinakkan si jago merah.


Tak habis akal, petugas lantas mengeluarkan selang khusus dan menyambungkannya pada pipa hydrant. Semburan air yang deras akhirnya mampu memadamkan kebakaran. Warga yang terjebak di dalam ruangan juga berhasil diselamatkan.


Beruntung, narasi di atas bukan kejadian yang sebenarnya. Namun, skenario pelatihan penanganan bencana kebakaran yang dilaksanakan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) untuk petugas di area rusunawa I dan II. Kegiatan itu juga bekerja sama dengan Satpol PP dan Damkar Kota Madiun. Juga, personel dari Polres Madiun Kota.


‘’Jangan sampai menyesal setelah kejadian. Maka, petugas harus antisipasi dengan menguasai keterampilan penanganan bencana,’’ ujar Wali Kota Madiun Maidi saat mendampingi pelatihan penanganan bencana di rusunawa, Jumat (4/11).


Menurut wali kota, kegiatan tersebut juga sekaligus berguna untuk mengecek kesiapan alat-alat penanganan bencana. ‘’Jangan sampai waktu ada kebakaran, alatnya rusak. Alat yang rusak segera dikoordinasikan agar diganti atau diperbaiki,’’ imbuhnya.


Lebih lanjut, wali kota juga menambahkan agar kemampuan penanganan bencana juga dimiliki oleh seluruh lapisan masyarakat. Sehingga, dapat saling mengantisipasi dan meminimalisasi dampak kerugian akibat bencana yang terjadi. (WS Hendro/irs/madiuntoday)