Kunjungi Distrik Bisnis Internasional Songdo, Wali Kota Kagumi Kecanggihan dan Tata Kota Icheon




ICHEON, KORSEL – Lawatan Wali Kota Madiun, Maidi di Korea Selatan berlanjut. Kali ini, orang nomor satu di Kota Pendekar itu mengunjungi Kota Icheon di negeri gingseng tersebut, Kamis (10/11). Sesuai tema kunjungan kerja, wali kota banyak menggali ide terkait inovasi smart city. Kunjungan itu dirasa tepat mengingat Icheon khususnya kawasan Distrik Bisnis Internasional Songdo merupakan kota pintar yang dibangun dari lahan reklamasi seluas 600 hektar. 


‘’Kota ini hebat ya. Kota internasional. Kita disuguhi bermacam kecanggihan,’’ kata wali kota. 


Tak hanya itu, wali kota juga mengunjungi G-Tower dekat Songdo Central Park tersebut. G-Tower merupakan gedung pencakar langit setinggi 33 lantai atau 150 meter. Di dalamnya, terdapat organisasi internasional, restoran, bank, hingga kantor pos. Wali kota diperlihatkan bagaimana penataan kota Icheon dari berbagai perspektif. Di gedung tersebut terdapat sebuah monitor besar yang menampilkan seluruh kota dari pandangan udara. 


‘’Kota Madiun juga harus bisa menjadi sebuah distrik bisnis yang modern dengan berbagai kecanggihannya,’’ harapnya.


Wali kota mengaku mendapat banyak hal dan pengalaman selama di Korea Selatan. Banyak hal-hal baru yang dapat diterapkan di Kota Madiun. Bukan hanya kecanggihannya. Tetapi juga penataan kota serta bagaimana perilaku masyarakatnya. Khususnya terkait menjaga kebersihan, menjaga fasilitas umum, dan lain sebagainya. Nyaris tidak ada sampah maupun corat-coret yang dapat mengganggu keindahan. 


‘’Ada banyak yang bisa kita pelajari. Kalau di sini bisa, kita juga bisa. Kita harus semangat untuk sama-sama menjadikan Kota Madiun lebih baik lagi ke depannya,’’ pungkasnya. (noor aflah/agi/madiuntoday)