Gandeng JPM Pendekar, Bakesbangpol Bumikan Pancasila di Lapak-lapak UMKM




MADIUN – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) punya cara tersendiri dalam membumikan Pancasila. Menggandeng Jejaring Panca Mandala (JPM) Pendekar, Bakesbangpol membumikan Pancasila dengan sasaran pelaku lapak UMKM. Tidak hanya soal Pancasila, kegiatan juga sekaligus pemberdayaan UMKM sekaligus peningkatan serta pembinaan UMKM. 


‘’Pancasila ini landasan ideologi bangsa kita. Nah, JPM memiliki kewajiban untuk terus membumikan Pancasila ini. Kami selaku bagian dari pemerintah memfasilitasi dan tentu saja turut dalam kegiatan ini,’’ kata Kepala Bidang Ideologi Bakesbangpol Kota Madiun Tugas Prasetyo usai pelaksanaan kegiatan di Lapak Mbiting Kelurahan Josenan, Kamis (10/11).


Setidaknya, sudah lima lapak yang menjadi sasaran kegiatan. Yakni, Lapak Joglo Palereman Kelurahan Kelun, Lapak Obor Kelurahan Oro-oro Ombo, Lapak Pesona Kelurahan Madiun Lor, Lapak Gedongan Kelurahan Manguharjo, dan Lapak Mbiting Kelurahan Josenan. Tugas menyebut masih terdapat satu lapak lagi yakni di Lapak Kelurahan Demangan. 


‘’Sasaran kami dua lapak di tiap kecamatan. Sementara tinggal satu lapak lagi di Kelurahan Demangan,’’ jelasnya sembari menyebut kegiatan dimulai sejak pertengahan Oktober lalu. 


Jejaring Panca Mandala merupakan mitra Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) untuk membumikan dan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila di setiap daerah. Nah, JPM Kota Madiun bernama Pendekar. JPM ini beranggotakan dari unsur pemerintah, akademisi, pengusaha, sosial, dan juga dari unsur media. Tugas menambahkan agar semakin menarik kegiatan pembumian Pancasila juga diisi dengan kegiatan pelatihan promosi melalui media sosial dengan menggandeng Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun. 


‘’Jadi tidak hanya pembumian Pancasila, tetapi juga ada kegiatan pembinaan juga biar semakin mengoptimalkan keberadaan Lapak UMKM,’’ pungkasnya. (rams/agi/madiuntoday)