PRC Jadi Tempat Edukasi, SD-SMP Bergantian KBM di Sumber Wangi



MADIUN – Kawasan Pahlawan Religi Center (PRC) sebagai sarana edukasi mulai berjalan. SMPN 1 Kota Madiun memulainya dengan kegiatan manasik, Senin (14/11). Manasik sebagai salah satu materi Pendidikan Agama Islam di sekolah tersebut sengaja berlangsung di PRC agar lebih mengena. 


‘’Ini sebagaimana kelanjutan program religi di Dinas Pendidikan, kita ada pembelajaran luar kelas di kawasan PSC dan PRC. Setiap sekolah kita jadwal untuk melakukan pembelajaran di sini,’’ kata Kabid Kurikulum, Pembinaan Bahasa dan Sastra Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Madiun Slamet Hariyadi, Senin (14/11).


Tingkat SMP, lanjutnya, dijadwalkan secara bergantian pada setiap Senin. Sedang, untuk tingkat SD terbagi menjadi tiga kelompok. SD wilayah Kecamatan Kartoharjo dijadwalkan setiap Selasa, SD di Kecamatan Taman setiap Rabu, dan Kamis untuk sekolah dasar di wilayah Kecamatan Manguharjo. 


‘’Untuk Jumat bisa digunakan pembelajaran religi di sekolah masing-masing. Misalnya doa, yasinan, dan tahlil,’’ ungkapnya. 


Materi pembelajaran juga dikembalikan pada sekolah masing-masing. Artinya, tidak harus manasik haji. Kegiatan Belajar-Mengajar (KBM) di PRC, kata Hariyadi, juga untuk mendukung program Merdeka Belajar. Selain itu, peserta didik juga bisa mendapatkan pembelajaran secara detail dan juga suasana baru. 


‘’Kalau bosan di kelas bisa di sini. Di sini lengkap. Ada Ka’bah ada patung Merlion. Religinya dapat, IPS dapat. Di sini juga berlangsung jual-beli, pelajaran ekonominya juga dapat,’’ pungkasnya. (rams/agi/madiuntoday)