Setelah Dai Cilik, Dindik Gelar Seleksi Muadzin Ciamik, Juga Bakal Tampil di PRC




MADIUN – Kawasan Pahlawan Religi Center (PRC) bakal dihiasi putra-putri berbakat di bidang Agama Islam ke depan. Bagaimana tidak, setelah penjaringan Dai Cilik beberapa waktu lalu, Dinas Pendidikan Kota Madiun menggelar seleksi untuk Muadzin ciamik. Mereka yang terpilih juga bakal mengisi PRC khususnya Musala Ka’bah saat pembelajaran Outdoor Learning maupun event tertentu. 


‘’Kegiatan ini juga dalam rangka menggali minat bakat peserta didik. Anak-anak yang memiliki bakat bagus di bidang adzan bisa mengisi di Pahlawan Religi Center,’’ kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun, Lismawati, Rabu (16/11).


Pun, peserta cukup antusias. Kegiatan setidaknya diikuti 64 siswa Sekolah Dasar dan 42 tingkat Sekolah Menengah Pertama. Seleksi berlangsung seru hingga didapat juara 1 sampai harapan 3 di tiap jenjang. Mereka yang terpilih bakal berkesempatan tampil di PRC. Utamanya saat kegiatan outdoor learning pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Setelahnya, bakal dilanjut ceramah dari Dai Cilik. 


‘’Jadi nanti kita kolaborasikan dengan kegiatan outdoor learning. Mungkin nanti bisa tampil saat hendak Salat Dzuhur berjamaah. Kemudian setelahnya baru dai cilik yang menyampaikan materi,’’ imbuhnya.


Lismawati berharap kegiatan kegamaan yang semakin diperkuat tersebut bisa menumbuhkan karakter religius pada anak. Hal itu penting sebagai benteng diri dari pengaruh negatif era digitalisasi sekarang ini. Penumbuhan karakter religius itu juga sudah berlangsung setiap Jumat melalui program Jumat religi. 


‘’Biarpun pandemi, kegiatan Jumat Religi ini tetap berjalan. Dulu dilakukan secara virtual, tetapi nanti juga kita arahkan ke PRC,’’ pungkasnya. (rams/agi/madiuntoday)