Cegah Banjir, DPUPR Lakukan Pemeliharaan Pintu Air Secara Berkala




MADIUN - Kewaspadaan terkait potensi banjir terus ditingkatkan, utamanya memasuki musim penghujan. Seperti yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Madiun. 


Dinas tersebut rutin melakukan pemeliharaan pintu air. Pemeliharaan dan perawatan yang dilakukan berfokus pada perawatan mesin ulir. Utamanya terkait pengelolaan karena terkait dengan kelancaran aliran air yang ada di Bengawan Madiun. 


“Fokus kami di pemeliharaan pintu air. Harapannya dengan pemeliharaan ingens bisa mengatasi tingginya volume air,” ungkap Kabid Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Madiun, Suyanto. 


Lebih lanjut dirinya mengatakan, sejak adanya pintu air Pancasila yang ada di Kelurahan Nambangan Lor itu, aliran air lebih lancar. Kecepatan air mencapai 100 persen dibandingkan sebelumnya. Pelebaran hingga dua meter itu berdampak pada kelancaran air. 


Suyanto mengatakan, selama proses pemeliharaan tak ditemukan kendala signifikan. Pemeliharaan rutin akan disamakan dengan pompa air seperti di Jalan Pandan dan Jalan Kaswari. 


“Pemeliharaan dan pengecekan rutin dilakukan tiap hari. Saat ini dua pompa air disiagakan petugas yang stand by 24 jam” pungkasnya. 

(Rams/kus/madiuntoday)